Jumat, 04 Februari 2011

APA ITU JOURNAL?

Tentunya kita sering mendengar kata "Journal" dan sudah familiar sekali dengan istilah tersebut. Tapi apa sebenarnya journal itu, apa bedanya dengan skripsi, thesis, dan disertasi. berikut ini adalah beberapa pengertian tentang istilah Journal (sumber: thefreedelivery.com):
1. a. A personal record of occurrences, experiences, and reflections kept on a regular basis; a diary.
b. An official record of daily proceedings, as of a legislative body.
c. Nautical A ship's log.
2. Accounting
a. A daybook.
b. A book of original entry in a double-entry system, listing all transactions and indicating the accounts to which they belong.
3. A newspaper.
4. A periodical presenting articles on a particular subject: a medical journal.
5. The part of a machine shaft or axle supported by a bearing. a daily written record of (usually personal) experiences and observations.

Klo kita perhatikan dari beberapa pengertian journal di atas, mungkin anda sepakat bahwa journal yang sering dipahami oleh kita semua adalah pengertian journal yang ke-empat yaitu artikel-artikel yang ditulis dan dipublikasikan secara periodik tentang subjek tertentu, sehingga kita sering sekali mendengar ada a medical journal, economic journal, scientific journal, educational journal, dll.

Namun saya yakin, kita merasa kesulitan untuk mengakses journal-journal tersebut, Saya merasakan masih minimnya journal-journal international di beberapa perpustakaan di perguruan tinggi Indonesia. Walaupun sekarang sudah seharusnya bagi kita untuk mudah mengakses journal demi kepentingan peningkatan kualitas SDM ataupun untuk referensi penelitian akan tetapi kita masih menemukan sulitnya mengaskses journal journal internasional yang nilai bobotnya lebih tinggi dari journal lokal, hal ini karena mahalnya biaya berlangganan situs-situs journal yang harus dibayar oleh perguruan tinggi.

Untuk itulah sebagai warganegara Indonesia yang baik yang konsen dengan dunia pendidikan dan peningkatan kualitas SDM Bangsa Ini. Saya berusaha untuk berbagi beberapa journal yang mungkin bisa digunakan untuk referensi tulisan sobat-sobat Indonesia.

Jika anda membutuhkan Journal Internasional, dan meminta saya untuk mencarikan dan mengirimkannya kepada sobat Indonesia. Saya akan berusaha sebisa yang saya mampu. Hanya pesan saya hati2 dalam menulis; salah-salah anda dituduh plagiat.

Untuk Permintaan Journal anda boleh kirim email ke karagus2@yahoo.com atau sms ke +60193082708

Salam Sukses!
Agus Nugroho PS, S. Pd


1 komentar:

  1. ka, boleh gak mintak contohnya jurnal tentang resiliency anak,,,???

    BalasHapus